Senin, 06 Februari 2012

Kultwit #30TipsMemulaiUsaha oleh @EntrepreneursID

1. Mulailah utk menabung dan harus komitmen, krn tabungan kita pasti akan berguna utk modal kdepan
2. Tentukan jenis bisnis yg akan Anda mulai, sbaiknya sesuai dg minat bisnis/hobby & kemampuan
3. Lakukan analisa market, tren & potensi bisnis, ini penting utk analisa potensi ksuksesan bisnis  
4. Tentukan market yg akan dtuju & produk yg akan djual, psiapkan tp jgn kelamaan. Tetap hrs action
5. Miliki mental tdk menyerah dan berani ambil risiko. Ini penting agar usahanya bisa segera dmulai
6. Ingat! Usaha yg sukses adalah usaha yg diwujudkan bukan direncanakan saja
7. Pastikn ada prmintaan pasar dr produk Anda, uji kelayakan pasar. Misalnya coba jual sampel produk
8. Slanjutnya buat prencanaan produk, harga, lokasi, strategi promosi & prencanaan keuangan yg baik
9. Carilah diferensiasi dr produk Anda & jadikan bisnis Anda berbeda & lebih baik dr produk pesaing  
10. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis utk usaha Anda.
11. Cek apakah ada pesaing terdekat. Buat strategi produk yg lebih baik atau harga yg lebih murah
12. Ketika akan mulai buka usaha, diawali dg undang rekan2 dekat atau saudara, minta feedback dr mreka  
13. Feedback dr rekan2 dekat sgt penting utk memastikan apakah produk kita bs dterima pasar atau tdk  
14. Feedback dr konsumen selanjutnya dlakukan sec berkala utk saran & ide product improvement kdepan
15. Tetapkan harga promosi saat usaha awal. Ini pnting utk mnggerakan konsumen utk mncoba prod. kita  
16. Buat produk yg bkualitas & sesuai dg keinginan konsumen. Ini penting utk create pmbelian brulang  
17. Produk yg brkualitas saja tdk cukup, perlu variasi produk & lakukan inovasi utk kpuasan pelanggan
18. Tetapkn harga yg wajar sesuai segmen konsumen. Tetapkan hrga yg brsaing tp hrs tetap profitable.  
19. Saat mnetapkan harga produk, lakukan survey harga di pasaran terlebih dulu. Cek harga pesaing jg  
20. Kami rekomendasi jg utk survey ke konsumen, apakah harga yg sudah kita tetapkan sesuai
21. Usaha kita hrs “value for money” bagi konsumen artinya harga produk kita sesuai dg kualitasnya  
22. Pertahankan kualitas terbaik, byk konsumen lari ke pesaing krn kualitas produk kita menurun  
23. Seinovatif dan seberkualitasnya produk kita akan kurang berdampak ke sales klo tdk ada promosi.  
24. Lakukan promosi secara berkala. Jangan hanya gencar di awal saja  
25. Promosi bs dg harga diskon awal, bisa dgn publikasi atau trade promo (misal bundling product)
26. Promosi dg offline strategi bs dg sebar brosur, billboard, iklan tv, radio, media cetak dll  
27. Kelebihannya offline strategi spt iklan biasany create awareness byk audience, klemahannya mahal  
28. Promosi dg online strategi bs dg social media misalnya twitter, fb, blog, youtube  
29. Kelebihan promosi melalui online strategi – social media adalah biayanya relatif lebih murah  
30. Pada akhirnya lakukan evaluasi menyeluruh, manakah strategi yg tepat disesuaikan dg bisnisnya
Sekian ya tweeps ttg semoga bermanfaat. ^^ 

2 komentar:

  1. good
    infonya bguss>
    jngn lupa main ke blog saya y
    http://www.riwull.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentarnya...
      akan mampir juga...

      Hapus